Membuat Virtual Network dengan koneksi Internet

02 April 2009, Teguh Prio Nugroho, Sh

Jika Anda mendapatkan tugas dari bos untuk mengkoneksikan jaringan antara kantor-kantor cabang yang tersebar di beberapa kota, solusi apa yang Anda tawarkan kepada sang bos ?

Mungkin Anda memilih salah satu dari dua kemungkinan berikut :

  • Koneksi langsung menggunakan VSAT, dan
  • Koneksi menggunakan VPN lewat Internet (baik melalui kabel(dialup)/FO/ADSL atau Wireless)

Pilihan yang pertama membutuhkan biaya operasional yang besar, kemungkinan bos akan menolak pilihan ini kecuali jika perusahaan tempat Anda bekerja adalah perusahaan multi nasional yang besar dengan traffic network yang cukup padat. Jika traffic networknya kecil, solusi VPN berdasarkan tutorial ini dapat digunakan sebagai salah satu pilihan.

Membangun VPN (VPN komersial) membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan konfigurasi yang cukup memusingkan bagi perusahaan yang tidak memiliki tenaga IT, apalagi jika koneksi internet yang digunakan berada dibelakang Firewall atau Router. Jadi solusinya gimana ?.

LogMeIn Hamachi adalah layanan VPN yang dengan mudah dapat dikonfigurasi dalam 10 menit. Memungkinkan terjalinnya remote akses yang aman dalam jaringan perusahaan Anda, dimana saja asalkan terdapat akses internet.

Hamachi dapat bekerja dengan firewall, dan tidak membutuhkan konfigurasi tambahan. Hamachi sangat mudah, aman, dan ekonomis.

Hamachi adalah virtual private networking system berbasis UDP. Client Hamachi dibantu oleh Server mediasi (third node called a mediation server) untuk menentukan lokasi client yang lain dan menghubungkan koneksi diantara kedua client tersebut. Koneksi yang terjadi adalah koneksi langsung (direct connection). Hamachi mengklaim bahwa ketika koneksi telah terjalin, tidak ada data yang akan melewati server mediasi mereka atau dengan kata lain data Anda dijamin aman dan mereka tidak akan mengintip data-data yang melalui server meraka.

Hamachi bukan hanya koneksi yang benar-benar peer-to-peer; tetapi juga terbukti secure peer-to-peer.

Hamachi mengklaim 95% bisa memediasi koneksi p2p untuk semua kasus.Ini termasuk client yang terdapat dibelakang firewall ataupun broadband routers (seperti device NAT).

Getting Started

Jika Anda belum memiliki aplikasi LogMeIn Hamachi anda bisa mendownloadnya disini.

Instalasinya sendiri sangat mudah (Instalasi umum aplikasi windows NEXT NEXT FINISH). Setelah proses instalasi selesai, Hamachi akan mendeteksi jika Anda baru saja menjalankan aplikasi ini untuk pertama kali dan akan menampilkan Guide untuk user baru. Dengan mengikuti petunjuk ini anda akan mendapatkan account ke server mediasi dan alamat IP Hamachi.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Instalasi dan konfigurasi awal Anda bisa membaca manual Hamachi – Geting Started Guide LogMeIn Hamachi. (pdf), download disini.

Membuat Jaringan Baru

Jalankan aplikasi Hamachi dan klik pada tombol power (yang berwarna hijau) terletak di ujung kiri bawah. Hamachi akan mulai mengkoneksikan diri ke server mediasi dan mendapatkan alamat IP Hamachi yang unik.

Membuat Jaringan Baru

Membuat Jaringan Baru

Membuat jaringan VPN yang baru dapat dilakukan dengan mengklik pada Networks button kemudian pilih opsi Create new network.

Masukkan nama jaringan VPN yang Anda kehendaki pada dialog box yang muncul. Nama jaringan VPN yang dipilih haruslah unik dan maksimal panjangnya 64 karakter. Masukkan juga password untuk mengakses jaringan VPN yang telah Anda buat. Keamanan jaringan VPN bergantung pada kekuatan password ini. Setelah selesai Klik tombol Create. Jaringan VPN yang telah dibuat akan muncul pada window Hamachi Client.

Bergabung dengan Jaringan

Bergabung dengan Jaringan

Untuk join ke jaringan VPN yang telah dibuat, klik pada icon Join a Network dibawah menu Networking. Masukkan username dan password akses Jaringan VPN tersebut. Jika berhasil masuk dalam jaringan VPN, Anda akan bisa melihat semua node (client VPN yang lain, baik yang sedang Online maupun yang Offline). Anda bisa juga memblok node yang lain, juga bisa tampil dalam mode invisible dalam jaringan (kayak status pada IM).

Bagaimana jika seseorang mencuri IP public Hamachi Anda dan menghack komputer Anda? Jangan panik Hamachi mempunyai sistem keamanan yang built-in yang hanya mengijinkan client dari jaringan yang sama untuk berkomunikasi dengan client lainnya (dalam jaringan yang sama). Dengan demikian tidak seorangpun dari jaringan lainnya bisa mengintip jaringan Anda.

Penggunaan menu dan fitur lainnya dalam Hamachi sangat mirip dengan IM seperti Yahoo!Messenger, jadi saya yakin Anda bisa mempelajarinya dengan cepat dan mudah.

Advantages of LogMeIn Hamachi

  • LAN over the Internet – Arrange multiple computers into their own secure network, just as if they were connected by a physical cable.
  • Remote Access – Remote control any machine on your network with Remote Desktop.
  • Files and Network Drives – Access critical files and network drives.
  • Zero-configuration – Works without having to adjust a firewall or router.
  • Security – Industry leading encryption and authentication.
  • Cost Effective – Basic version is free to use. Premium begins at $4.95/month.

Need More? Try LogMeIn Pro or IT Reach

  • Remote Sound Hear email notifications, check web based voice mail or listen to music and podcasts from your host computer
  • Drag & Drop Seamlessly drag and drop files and folders between connected PCs
  • Sharing Share files or photos instantly with others, even those too large for email
  • Remote Printing Automatically print files from your remote PC to your local printer
  • Direct Connect Save time and clicks by going directly from the My Computer’s page into a remote control or file transfer session
  • Mini Meeting Invite a colleague or friend to your PC for an online meeting; view only or full control
  • File Transfer Move files quickly between PCs
  • File Sync Synchronize files and folders on both PCs in seconds
  • Drive Mapping Access drives on your remote PC as if they were local
  • Quick Clips Short format how to video clips on LogMeIn features and functions
  • Plus: the latest IT Reach update also includes Inventory Tracking and Reporting for automatic remote monitoring of software and hardware assets

Informasi selengkapnya dapat dibaca pada situs Hamachi

berikut video tutorialnya, klik disini untuk melihatnya

Semoga bisa memecahkan permasalahan anda, Salam.

~ oleh TeguhGokong pada 2 April 2009.

13 Tanggapan to “Membuat Virtual Network dengan koneksi Internet”

  1. WAH BAGUS BANGET BISA DI COBA NIH TERIMA KASIH ATAS INFONYA BROO

  2. bisa dicoba mas…. thanks.
    salam kenal….

  3. Wah, canggih2. Ini yang memang gw cari2. Kasusnya sama seperti yang gw. Gw coba deh, mudah2an berhasil. Tapi gw pertanyaan negh. Bisakah data yang ditarik menggunakan 2 provider internet yang berbeda (TELKOMFLASH dan SPEEDY). Thx, jawabannya tolong dikirim by email.

  4. hampir mirip dengan hosting ya pak?
    ada gak tutorial buat Merubah PC rumah menjadi web hosting

    • Beda, ini hanya buat share file saja.

    • waduhhhh klo buat hosting beda lagi urusannya brow,,, klo ini cuma buat sharing file aja. mesti dipelajari lagi tuh,,, tp kyknya klo secara logika bisa-bisa aja sihhhhh… tp entar lagi yah, mesti dipikir2 lagi tuh

  5. bisa buat tunneling juga gak bro..??
    ato buat sharing coneksi internet

    • Untuk sharing coneksi internet kyknya gak mungkin & gak bakalan bisa, s/nya Virtual network ini kan memerlukan coneksi internet. bayar aja donk, modal dikit. heheheeeeeeeeee

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: